Arwana Langka Berharga Miliaran

Shelookred/Ignas Seta
Ikan arwana super red

Indonesia Pets, Plants and Aquatic Expo (IPPAE) telah diadakan untuk kali kesekian. Kini acara tersebut digelar di WTC Mangga Dua pada tanggal 3-12 Desember 2010.

Salah satu yang jadi komoditas utama dalam ajang ini adalah arwana. "Ada arwana yang kita jual seharga Rp 1 miliar, berasal dari pemilik yang tinggal di Pontianak," kata Stephanus Suryaatmadja, Ketua I Panitia IPPAE.

Apa keunikan arwana itu? Stephen mengungkapkan, "Arwana itu sebenarnya termasuk albino. Tapi tak seperti albino lainnya, arwana ini memiliki guratan merah di tubuhnya dan matanya juga berwarna merah."

Jenis arwana macam itu, menurut Stephen, jarang sekali ditemukan. "Kita belum tentu menemukan jenis seperti itu 1 di antara 10.000 arwana," ungkap Stephen yang juga aktif dalam komunitas pecinta arwana.

Mengingat kelangkaannya, saat ini arwana seharga Rp 1 miliar tersebut belum bisa ditampilkan. Saat ini ikan ini tengah diusahakan agar bisa dipertontonkan. Jika tak berhasil, maka minimal pengunjung bisa menyaksikan videonya nanti.

Selain arwana seharga Rp 1 miliar ini, acara menarik lainnya yang akan digelar di ajang IPPAE adalah kontes arwana. "Ada 4 kategori yang dilombakan. Besar, kecil, sedang dan unik," kata Stephen.

Stephen melanjutkan, "Pemilik arwana itu nanti akan memperebutkan piala dari Dinas Kelautan dan Perikanan." Penjurian akan dilakukan pada tanggal 10 Desember 2010. Hari selanjutnya, pengunjung bisa melihat arwana-arwana tersebut.

Selain bisa melihat arwana nan cantik, pengunjung juga bisa memenangi doorprize. "Pengunjung bisa membeli nomor undian seharga Rp 10.000. Nanti kami akan undi. Ada berbagai hadiah yang disiapkan," kata Stephen.

Salah satu hadiah unggulannya adalah seekor arwana super red yang juga supermahal. "Kita sudah menyiapkan satu arwana termahal di antara yang lain yang harganya mencapai 2.000 dollar AS. Ini sangat spesial karena biasanya pemiliknya hanya mengekspor," ujar Stephen.

Sementara itu, tujuh arwana juga akan diberikan secara cuma-cuma pada pihak yang beruntung. Sejauh ini, sudah dua arwana yang dimenangkan sehingga masih tersisa enam arwana lain untuk diperebutkan, termasuk arwana seharga 2.000 dollar AS tersebut.

http://sains.kompas.com/read/2010/12/09/12234692/Arwana.Langka.Berharga.Miliaran